F.A.Q


Kapan Waktu Pendaftaran dimulai?

Pendaftaran berlangsung dari tanggal 9 April 2018 hingga 30 April 2018.


Bila saya telah melakukan pendaftaran saat ujicoba, apakah datanya masih bisa digunakan saat sudah dibuka pendaftaran resmi?

Tidak bisa. Semua data akan dihapus per tanggal 8 April 2018. Silakan melakukan pendaftaran kembali.


Ada seseorang menghubungi dan mengaku bisa membantu proses masuk STIN, bisakah dipercaya?

Dapat dipastikan bahwa itu adalah percobaan PENIPUAN. Tetaplah waspada dan hati-hati! STIN tidak bertanggung jawab atas PENIPUAN dalam bentuk apa pun. Bersikaplah seperti layaknya seorang TARUNA, ikuti prosedur!


Apakah Selama Proses Seleksi CATAR STIN 2018 dipungut biaya?

Biaya pendaftaran untuk masuk STIN semuanya GRATIS, tidak dipungut biaya sama sekali, namun pada saat tes CAT ada kewajiban sesuai dengan UU yang berlaku. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara, dinyatakan bahwa penyelenggaraan seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) bagi calon mahasiswa kedinasan ikatan dinas, dikenakan tarif sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) per peserta.


Adakah contoh Surat ijin Orang Tua/Wali itu?

Contoh Surat Ijin Orang Tua bisa download di https://stin.ac.id/file_downloads


Apakah untuk hasil psikotes harus disertakan pada saat pendaftaran CATAR STIN 2018?

Bila ada hasil psikotes, lebih baik dilampirkan, tetapi bila tidak ada juga tidak mengapa.


Saya sudah mendaftar di BKN secara online sudah mendapat registrasi berupa kartu pendaftar dan memilih sekolah kedinasan STIN, tapi ketika saya mau login, ke dalam portal stin koq tidak bisa?

Bagi yang telah mendaftar di portal SSCN BKN dan mendapatkan bukti pendaftaran, silakan login ke https://stin.ac.id/login menggunakan NIK sebagai username dan password yang telah dibuat saat mendaftar pada portal https://sscndikdin.bkn.go.id/


Ketika catar akan mendaftar, saat memasukan NIK dan no KK pada portal https://sscndikdin.bkn.go.id/, muncul keterangan bahwa data tidak ditemukan, bagaimana solusinya?

Silakan cek di bawah ini untuk data yang belum ada, dan/atau bisa langsung menghubungi ke disdukcapil setempat.
Atau bisa membuka link di bawah ini:
https://sscndikdin.bkn.go.id/faq
https://helpdesk.bkn.go.id/
https://helpdesk.bkn.go.id/NikDanNokk.dpt
https://helpdesk.bkn.go.id/DataTdkSesuai.dpt
https://helpdesk.bkn.go.id/nokkdannikkktdksesuai.dpt
https://helpdesk.bkn.go.id/LokasiLhr.dpt


Apa tahapan berikutnya, setelah melengkapi data dan mengupload semua berkas persyaratan CATAR STIN 2018?

Setelah semua data dilengkapi dan berkas administrasi diupload (dilengkapi), berikutnya data akan diverifikasi oleh Panitia Seleksi Catar STIN, untuk kemudian akan diumumkan hasilnya melalui portal STIN. Catar STIN 2018 yang dinyatakan lulus administrasi, dapat melihat hasil kelulusannya di portal STIN dengan login menggunakan username dan password seperti biasanya. Catar yang lulus administrasi, diharuskan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan dapat mencetak blanko Kartu Peserta Seleksi CATAR STIN 2018.


Apakah CATAR yang lulus SLTA tahun 2018 mengupload ijazah juga?

Untuk CATAR yang akan lulus tahun 2018 hanya mengupload raport kelas X – XI semester 2/GENAP, untuk kelas XII semester 1/Ganjil, adapun untuk CATAR yang lulus tahun 2016 dan 2017 mengupload ijazah sekolahnya.


Bagaimana proses pendaftaran melalui jalur undangan?

Panitia akan menyeleksi peserta yang sudah mendaftar dan melengkapi berkas persyaratan administrasi, dan akan mengkategorikan CATAR ke jalur undangan, berdasarkan persyaratan yang sudah ditetapkan, bisa dilihat di https://stin.ac.id/daftar.