Alur Pendaftaran



Persyaratan Pendaftaran


PERSYARATAN ADMINISTRASI

 

1. PERSYARATAN PENDAFTARAN

A. Umum
  1. Warga Negara Indonesia (pria/ wanita).
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
  4. Usia pada tanggal 01 Juli 2018 serendah-rendahnya 17 tahun dan tidak lebih dari 20 tahun (dibuktikan dengan Akte Kelahiran/Surat Keterangan Lahir).
  5. Berijazah serendah – rendahnya SMA/ MA/ SMK (bukan lulusan paket A, B dan C) dengan ketentuan:
    1. lulusan SMA/ MA/ SMK tahun 2016 dan tahun 2017, melampirkan Fotocopy Ijazah dengan nilai rata-rata 70 (Tujuh Puluh)
    2. lulusan SMA/ MA/ SMK tahun 2018, melampirkan fotocopy raport semester genap mulai kelas X s.d XI, untuk raport kelas XII fotocopy raport semester 1 dengan nilai rata – rata 70 (tujuh puluh).
    3. Batas usia untuk pedaftaran CATAR STIN, untuk batas usia bawah 17 Tahun adapaun batas usia atas 20 Tahun/31 Desember 2018
  6. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan sampai dengan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil;
  7. Belum pernah melahirkan (wanita) dan belum pernah punya anak biologis (pria);
  8. Tidak bertato/ memiliki bekas tato dan bertindik pada bagian tubuh yang tidak lazim (wanita). Tidak bertato/ memiliki bekas tato dan bertindik pada bagian tubuh manapun (pria)
  9. Sehat jasmani dan rohani
  10. Tidak pernah mengalami patah tulang
  11. Tinggi badan minimal (berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku):
    • Pria        : 165 (seratus enam puluh lima) cm; dan
    • Wanita : 160 (seratus enam puluh) cm.
  12. Tidak sedang menjalani ikatan dinas/pekerjaan dengan instansi/perusahaan lain;
  13. Siap ditempatkan dimana saja;
  14. Bersedia memberikan ganti rugi kepada negara, apabila dalam proses pendidikan di STIN mengundurkan diri atas kemauan sendiri;
  15. Untuk Putra – Putri asli dari Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan NTT dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar akan diberlakukan Afirmasi dengan kuota 7 (tujuh) orang dan apabila kouta tidak tidak terpenuhi akan diisi dari jalur non-afirmasi, dengan menunjukan bukti fotocopy Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan garis keturunan orang tua (ayah dan ibu kandung) asli dari wilayah tersebut dan dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kelurahan/Kepala Desa.
B. Administrasi
  • Persyaratan Umum :

    1. Surat ijin Orang Tua/wali
    2. Foto Copy hasil psikotes pada saat SMA/MA/SMK
    3. Foto copy ijazah SMA/ MA/ SMK untuk lulusan tahun 2016 dan tahun 2017, dengan nilai rata-rata 70 (Tujuh Puluh) dan Foto copy raport lulusan SMA/ MA/ SMK tahun 2018, semester genap mulai kelas X s.d XI, dan raport kelas XII semester 1 dengan nilai rata – rata 70 (tujuh puluh).
    4. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/RSUD
    5. Surat keterangan bebas NARKOBA dari RSUD
    6. SKCK dari Kepolisian setempat
    7. Surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa/Kelurahan
    8. Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 1 buah, bagi putra latar belakang merah dan bagi putri latar belakang biru, foto seluruh badan berwarna terbaru ukuran poscard dengan pakaian atas putih bawah hitam (tampak depan samping kanan dan kiri).
    9. Foto Copy Akte Kelahiran/kenal Lahir
    10. Foto Copy Kartu Keluarga (KK).
    11. Foto Orang Tua/Wali.
  • Persyaratan Khusus untuk Jalur Undangan :

    1. IQ diatas 120 dengan nilai rapor rata-rata 80, atau
    2. Juara Olimpiade mininmal tingkat provinsi dangan IQ diatas 110 dan nilai rata-rata diatas 75, atau
    3. Memiliki kemampuan bela diri dan bahasa dengan IQ diatas 110 dan nilai rata-rata rapor di atas 75.

2. TATA CARA PENDAFTARAN :

  1. Calon pelamar wajib memiliki email sendiri;
  2. Calon pelamar wajib melakukan pendaftaran secara online melalui portal https://sscndikdin.bkn.go.id mulai tanggal 9 April s.d. 30 April 2018, untuk mendapatkan username dan password  Kemudian mencetak tanda bukti pendaftaran, dilanjutkan dengan registrasi ulang yang wajid dilakukan pelamar melalui portal: https://stin.ac.id/login;
  3. GUNAKAN NIK SEBAGAI USERNAME DAN PASSWORD YANG TELAH DIDAFTARKAN SEBELUMNYA PADA https://sscndikdin.bkn.go.id/" untuk registrasi ulang di portal https://stin.ac.id/login;
  4. Setelah log in menggunakan NIK sebagai username dan password , kemudian Catar STIN melengkapi data riwayat hidup dan memilih lokasi ujian;
  5. Upload seluruh persyaratan administrasi;
  6. Jika telah mengisi semua data riwayat hidup maupun Upload berkas persyaratan administrasi,kemudian berkas akan disimpan dan ada notifikasi “apakah data sudah benar”;
  7. Bagi pelamar lulusan SLTA/Sederajat Tahun 2018, Ijasah dapat digantikan dengan Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/Pejabat yang berwenang (asli);

3. TAHAPAN SELEKSI:

  1. Seleksi Administrasi

    Pemeriksaan kelengkapan berkas Syarat Administrasi yang berhasil di upload calon Taruna/taruni ke laman STIN oleh Panitia Pusat.

  2. Seleksi Kemampuan Dasar (TKD), Meliputi :

    1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK);
    2. Tes Intelektual Umum (TIK);
    3. Tes Karakteristik Pribadi ( TKP )
  3. Seleksi Kompetensi Bidang, meliputi :
    a. Tes Kesehatan Fisik;
    b. Tes Kesehatan Jiwa;
    c. Tes Psikologi;
    d. Kesamaptaan Jasmani;
    e. Tes Mental Ideologi dan Wawancara.


FORMAT YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGIRIM
BERKAS/UPLOAD

  1. Surat ijin Orang Tua/wali ( ORTU.pfd/.jpeg)
  2. Melampirkan hasil psikotes pada saat SMA/MA/SMK ( IQ.pfd/.jpeg)
  3. Foto copy ijazah SMA/ MA/ SMK untuk lulusan tahun 2016 dan tahun 2017, dengan nilai rata-rata 70 (Tujuh Puluh). (IJAZAH2016/2017.pdf/.jpg)
  4. Foto copy raport lulusan SMA/ MA/ SMK tahun 2018, semester genap mulai kelas X s.d XI, dan raport kelas XII semester 1 dengan nilai rata – rata 70 (tujuh puluh) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah. (pdf/.jpg), (RAPORT11.pdf/.jpg), (RAPORT12.pdf/.jpg)
  5. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dari Puskesmas/RSUD (SEHAT.pdf/.jpeg)
  6. Surat keterangan bebas NARKOBA dari RSUD (SKBN.pdf/.jpeg)
  7. SKCK dari Kepolisian setempat (SKCK.pdf/.jpeg)
  8. Surat keterangan belum pernah menikah dari Kepala Desa/Kelurahan (SKBP.pdf/.jpeg)
  9. Pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 1 buah, bagi putra latar belakang merah dan bagi putri latar belakang biru (FOTO.jpeg) & foto seluruh badan berwarna terbaru ukuran poscard dengan pakaian atas putih bawah hitam (tampak depan samping kanan dan kiri). (POSTUR .pdf/jpg)
  10. Foto Orang Tua/Wali ukuran 4 X 6 berwarna (WALI.pdf/jpg)
  11. Foto copy Akte Kelahiran/Kenal Lahir (AKTE .pdf/jpg)
  12. FotoCopy KK (Kartu Keluarga) (KK.pdf/.jpeg)

5. LOKASI UJIAN
Lokasi Ujian terdiri dari :
A. Jakarta;
B. Yogyakarta;
C. Surabaya;
D. Medan;
E. Palembang;
F. Denpasar;
G. Makassar;
H. Jayapura.

6. JADWAL SELEKSI

JADWAL SELEKSI
CALON TARUNA-TARUNI SEKOLAH TINGGI INTELIJEN NEGARA (STIN)
TAHUN 2018

No

TANGGAL

KEGIATAN

1

9-30 April 2018

1. Pendaftaran online https://sscndikdin.bkn.go.id
2. Pendaftaran online ke Portal STINhttps://stin.ac.id
3. Pemeriksaan berkas persyaratan administrasi yang diupload

2

1-5 Mei 2018

Verifikasi berkas persyaratan administrasi

3

6-10 Mei 2018

Pengumuman kelulusan seleksi administrasi

4

11-14 Mei 2018

Seleksi Kompentensi Dasar (SKD)

5

15-16 Mei

Tes Kesehatan Fisik

6

17-18 Mei

Tes Kesehatan Jiwa

7

18 Mei

Pengumuman Tes Kesehatan Fisik dan Jiwa

8

19-21 Mei

Tes Psikologi

9

22 Mei

Pengumuman Tes Psikologi

10

23 Mei

Tes Kesamaptaan Jasmani sekaligus pengumuman

11

24 Mei

Tes MI tertulis

12

25-27 Mei

Tes MI Wawancara

13

28 Mei

Pengumuman Tes MI

14

25-26 Juni

Pantukhir

15

tentative

Pengumuman

 

Hati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Panitia CATAR STIN 2018 !!!

Pelayanan Hotline, Informasi dan pengaduan

Telp: 0251- 827 1471 / 827 1478

Whatsapp: 0812 7090 5388 / 0812 7090 5399

E-mail  : info@stin.ac.id

IG: rekruitmentstin

FB: Rekruitment Stin

Telegram: @recruitmentSTIN2018

 Pelayanan Hotline diatas dibuka dari Senin s.d Minggu pada pukul 08.00 s.d 24.00 WIB